Kamis, 11 Februari 2010

Pelajaran 1: Cara Memulai dengan C #

Pelajaran ini akan membantu Anda memulai dengan C # dengan memperkenalkan beberapa program yang sangat sederhana. Berikut adalah tujuan dari pelajaran ini:

• Memahami struktur dasar program C #.
• Mendapatkan pengenalan dasar tentang "namespace" .
• Memperoleh pemahaman dasar tentang class.
• Mempelajari Main method .
• Mempelajari cara input baris perintah(command-line input).
• Pelajari tentang konsol input / output (I / O).

Program Sederhana C#

Ada elemen dasar bahwa semua C # executable program dan itulah yang kita akan berkonsentrasi pada pelajaran pertama ini, mulai dari yang sederhana program C #. Setelah memperhatikan Kode di Listing 1-1, saya akan menjelaskan konsep-konsep dasar yang akan mengikuti untuk semua C # program kita akan menulis seluruh tutorial ini.Silakan lihat Listing 1-1 untuk melihat program pertama ini.

Perhatian: C# is case-sensitive.

Listing 1-1. Sebuah Program sederhana Program Welcome: Welcome.cs

// Mendeklarasikan Namespace
using
System;

// Program start class
class WelcomeCSS
{
// Main begins program execution.
static void Main()
{
// Write to console
Console.WriteLine("Welcome to the C# Station Tutorial!");
}
}

Pada program Lisring 1-1 memiliki 4 elemen utama, sebuah deklarasi namespace, sebuah class, sebuah Main Method, dan pernyataan program. Hal ini dapat dikompilasi dengan baris perintah berikut:

csc.exe Welcome.cs

Ini menghasilkan sebuah file bernama Welcome.exe, yang kemudian dapat dieksekusi.Program lainnya dapat dikompilasi sama dengan mengganti nama file mereka bukan Welcome.cs. Untuk bantuan lebih lanjut tentang opsi baris perintah, ketik "csc-help" pada baris perintah. Nama file dan nama kelas dapat benar-benar berbeda.

Catatan untuk VS.NET Users: Layar akan berjalan dan dekat dengan cepat ketika meluncurkan program ini dari Visual Studio. NET. Untuk mencegah hal ini, tambahkan kode berikut sebagai baris terakhir dalam Main method:

// membuat screen tetap
// Ketika menjalankan dari VS.NET

Console.ReadLine();


Catatan: Command-line adalah sebuah jendela yang memungkinkan Anda untuk Menjalankan perintah dan program-program dengan mengetik teks secara manual. Hal ini sering Disebut Sebagai DOS prompt, yang Merupakan sistem operasi yang Digunakan orang tahun lalu, sebelum Windows. Itu. NET Framework SDK, yang bebas, Sebagian besar alat Menggunakan baris perintah. Oleh karena itu, saya menulis tutorial ini Sehingga siapa pun akan dapat menggunakannya. Melakukan pencarian melalui Windows Explorer untuk "csc.exe", yang Merupakan C # compiler. Bila Anda tahu lokasi, lokasi Bahwa Menambahkan untuk jalan Windows Anda. Jika Anda tidak dapat mencari cara untuk Menambahkan sesuatu ke jalan, Ajak teman untuk membantu Anda. Dengan berbagai versi Windows yang Tersedia, saya tidak punya waktu dalam tutorial ini, yang berjarak sekitar C # bahasa pemrograman, untuk menunjukkan kepada anda bagaimana Anda Menggunakan sistem operasi.Kemudian buka jendela perintah dengan pergi ke menu Start Windows, pilih Run, dan ketik cmd.exe.
Hal pertama yang Anda harus sadar Bahwa adalah C # adalah case-sensitive. Kata "Main" tidak sama dengan huruf kecil Ejaan, "main". Mereka adalah pengidentifikasi berbeda. Jika Anda berasal dari bahasa yang tidak sensitif, ini perjalanan Anda akan sampai beberapa kali sampai anda menjadi terbiasa.

Deklarasi namespace, using System;, menunjukkan Bahwa Anda mengacu pada namespace System. Kelompok namespaces berisi kode yang dapat dipanggil oleh program C #. DENGAN MENGGUNAKAN System; Deklarasi, mengatakan program Anda yang Anda dapat referensi kode dalam Sistem namespace tertunda pra-kata tanpa System untuk setiap referensi. Saya akan membahas hal ini secara lebih rinci dalam Pelajaran 06: Namespaces, yang mempelajari khusus untuk namespaces.

Deklarasi class, class WelcomeCSS, data berisi definisi dan metode yang Anda gunakan untuk mengeksekusi program. Sebuah kelas Merupakan salah satu elemen dari Beberapa jenis program yang Anda dapat Digunakan untuk menggambarkan objek, Seperti structs, antarmuka, Delegasi, dan enum, yang akan dibahas secara lebih rinci dalam Pelajaran 12: Structs, Pelajaran 13: Interfaces, Pelajaran 14: Delegasi, dan Pelajaran 17: enum, masing-masing. Kelas khusus ini tidak memiliki data, tetapi memiliki satu mehod. Method ini mendefinisikan perilaku kelas ini (atau apa yang mampu Melakukan).Saya akan membahas lebih dalam kelas Pelajaran 07: Pengenalan untuk Classes. Kami akan memberuitahukan banyak informasi mengenai class pada tutorial ini.

Salah satu method dalam class WelcomeCSS menceritakan apa yang class ini akan dilakukan Ketika dijalankan. Nama method, Main, dicadangkan untuk titik awal dari sebuah program.Main sering Disebut Sebagai "entry point" dan Jika Anda pernah menerima pesan kesalahan kompilator tidak dapat mengatakan Menemukan Bahwa entry point, itu berarti Bahwa Anda mencoba untuk mengkompilasi program yang dapat dieksekusi tanpa Main method.
Sebuah Static Modifier mendahuluikan kata main, yang berarti method ini Bahwa Bekerja di kelas khusus ini saja, bukan contoh dari sebuah class. Hal ini diperlukan, karena Ketika sebuah program dimulai, tidak ada contoh object ada. Aku akan menceritakan lebih banyak tentang class, object, dan contoh dalam Pelajaran 07: Pengenalan untuk Classes.
Setiap method harus memiliki tipe kembali. Dalam kasus ini Void, yang berarti Bahwa Main tidak Mengembalikan nilai. Setiap method juga memiliki parameter berikut daftar namanya dengan nol atau lebih parameter di antara tanda kurung. Untuk mempermudah, kami tidak Menambahkan parameter ke Main. Kemudian dalam pelajaran ini Anda akan Melihat jenis Parameter Main Method dapat memiliki. Anda akan belajar lebih banyak tentang method dalam Pelajaran 05: Methods.
Main Method menentukan perilakunya dengan Pernyataan (...) Console.WriteLine. Console adalah sebuah class dalam namespace System. (...) WriteLine adalah sebuah methos dalam class Console.Menggunakan kami ".", Dot, operator untuk memisahkan unsur-unsur Bawahan program. Perhatikan Bahwa kita juga bisa menulis System.Console.WriteLine Sebagai Pernyataan ini (...). Ini Mengikuti pola "namespace.class.method" Sebagai Pernyataan yang Memenuhi syarat. Seandainya kami berangkat ke luar Menggunakan Sistem Deklarasi di bagian atas program, itu akan menjadi wajib bagi kita untuk Menggunakan formulir yang Memenuhi syarat System.Console.WriteLine (...). Pernyataan ini adalah apa yang menyebabkan string, "Selamat datang di C # Stasiun Tutorial!" untuk mencetak pada layar konsol.
Bahwa Perhatikan komentar yang ditandai dengan "//". Ini adalah satu baris komentar, yang berarti Bahwa mereka adalah berlaku sampai akhir baris. Jika Anda ingin banyak baris dengan komentar, diawali dengan "/ *" dan diakhiri dengan "*/". Segala sesuatu di antara adalah bagian dari komentar. Komentar akan diabaikan Ketika kompilasi program anda. Mereka ada untuk dokumen program apa yang Anda tidak dalam bahasa Inggris (atau bahasa asli Anda Berbicara dengan setiap hari).
Pernyataan semua diakhiri dengan ";", semi-Kolon. Class dan metdod yang dimulai dengan "(", kiri keriting penjepit, dan diakhiri dengan ")", benar keriting penjepit. Setiap Pernyataan di dalam dan termasuk "(" dan ")" mendefinisikan sebuah blok. Blok define Lingkup (atau SEUMUR HIDUP dan visibilitas) elemen program.
Menerima Command-Line Input
Dalam contoh sebelumnya, Anda cukup Menjalankan program dan output yang dihasilkan.Namun, banyak program yang ditulis untuk menerima masukan baris perintah. Hal ini membuat lebih mudah untuk menulis skrip otomatis yang dapat program Meminta Anda dan berikan informasi untuk itu. Jika Anda Melihat banyak program, termasuk Windows OS Utilitas, yang Anda gunakan sehari-hari, Sebagian besar dari mereka memiliki Antarmuka Beberapa jenis baris perintah. Misalnya, Jika Anda mengetik Notepad.exe myfile.txt (dengan file Asumsi ada), maka program yang akan dibuka adalah myfile.txt Notepad file anda agar dapat mulai menyuntingnya.Anda Anda dapat membuat program-program anda menerima masukan baris-perintah juga, seperti yang ditunjukkan di Listing 1-2, yang menunjukkan sebuah nama program yang menerima perintah dari baris dan menulis ke konsol.

Catatan: Bila Menjalankan aplikasi dalam NamedWelcome.exe Listing 1-2, Anda harus Memberikan sebuah argumen baris perintah.Sebagai contoh, ketik nama program, diikuti oleh nama Anda: NamedWelcome Yourname. Ini adalah tujuan Listing 1-2 - untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menangani input baris perintah. Oleh karena itu, Anda harus Memberikan sebuah argumen baris perintah pada program tersebut untuk bekerja. Jika Anda Menjalankan Visual Studio, klik kanan pada proyek di Solution Explorer, pilih Properties, klik tab Debug, mencari Mulai Pilihan, dan ketik Yourname ke argumen baris perintah. Jika Anda lupa untuk Memasukkan Yourname di command-line atau masukkan ke dalam proyek properti, seperti yang saya baru saja menjelaskan, Anda akan menerima Exception yang mengatakan "Indeks berada di luar batas-batas array." Program sederhana untuk menjaga dan hanya berkonsentrasi pada subjek Penanganan perintah-baris masukan, saya tidak Menambahkan Exception handling.Selain itu, saya tidak mengajarkan anda cara untuk Menambahkan Exception Program handling Anda belum - tapi aku akan.Dalam Pelajaran 15: Pengenalan untuk Penge Handling, Anda akan belajar lebih banyak tentang Exception dan bagaimana menanganinya dengan benar.
Listing 1-2. Getting Command-Line Input: NamedWelcome.cs

// Mendeklarasikan Namespace

using System;

// Program start class
class NamedWelcome
{
// Main begins program execution.
static void Main(string[] args)
{
// Write to console
Console.WriteLine("Hello, {0}!", args[0]);
Console.WriteLine("Welcome to the C# Station Tutorial!");
}
}

Dalam Listing 1-2, Anda akan Melihat method Entri dalam daftar parameter Utama itu. Nama parameter args, yang akan Anda gunakan untuk merujuk pada program dalam parameter Kemudian Anda. String [] ekspresi yang mendefinisikan parameter args jenis ini. Jenis memegang string karakter. Gaya ini dapat Membentuk satu kata, atau Beberapa kata. Tanda kurung siku yang "[]", menunjukkan sebuah Array, yang seperti daftar. Oleh karena itu, jenis parameter args, adalah daftar kata-kata dari baris perintah. Setiap kali Anda Menambahkan string [] args ke daftar parameter main method , C # compiler memancarkan kode yang akan mem-parsing argumen baris perintah tersebut dan banteng argumen baris perintah ke dalam args.Dengan membaca args, Anda memiliki akses ke semua argumen, minus nama aplikasi, yang diketik di baris perintah.
Anda juga akan Melihat (...) Console.WriteLine Pernyataan tambahan dalam main method. Daftar argumen dalam Pernyataan ini Berbeda dari sebelumnya. Memiliki diformat string dengan "(0)" parameter tertanam di dalamnya. Parameter pertama dalam string diformat dimulai di nomor 0, yang kedua adalah 1, dan seterusnya.The "(0)" parameter berarti Bahwa akhir argumen berikutnya kutipan berikut akan menentukan apa yang terjadi dalam posisi itu. Pikiran tahan itu, dan sekarang kita akan Melihat argumen berikutnya setelah akhir kutipan.
The args [0] mengacu pada string argumen pertama dalam array args. Unsur pertama dari Array adalah sebuah nomor 0, yang kedua adalah nomor 1, dan seterusnya. Sebagai contoh, Jika saya mengetik baris perintah NamedWelcome Joeon, nilai args [0] akan menjadi "Azhar". Ini sedikit sulit karena Anda tahu Bahwa Anda mengetik NamedWelcome.exe pada baris perintah, tetapi C # tidak menyertakan aplikasi yang dapat dieksekusi dalam daftar nama args - hanya Parameter pertama setelah aplikasi dijalankan.
Kembali ke tertanam "(0)" parameter string dalam diformat: Sejak args [0] adalah argumen pertama, setelah diformat string, dari Console.WriteLine () Pernyataan, nilainya akan ditempatkan dalam tertanam parameter string pertama yang diformat. Ketika perintah ini dijalankan, nilai args [0], yaitu "Joe" akan Mengganti "(0)" dalam string diformat. Setelah pelaksanaan perintah-line dengan "NamedWelcome Joe", output akan menjadi sebagai berikut:

 Hello, Azhar!
Welcome to the C# Station Tutorial!
Berinteraksi melalui Command-Line
Selain memasukkan melalui Command-line, cara lain untuk Memberikan masukan ke program ini adalah melalui Console.Biasanya, dia Bekerja seperti ini: Anda pengguna prompt untuk Beberapa masukan, mereka mengetik
sesuatu di Kemudian tekan tombol Enter, dan Anda membaca masukan mereka dan banteng Beberapa Tindakan. Listing1-3 menunjukkan bagaimana interaktif untuk Memperoleh masukan dari pengguna.

Listing 1-3. Mendapatkan Input Interaktif: Interaktif Welcome.cs

// Mendeklarsikan Namespace
using System;

// Program start class
class InteractiveWelcome
{
// Main begins program execution.
public static void Main()
{
// Write to console/get input
Console.Write("What is your name?: ");
Console.Write("Hello, {0}! ", Console.ReadLine());
Console.WriteLine("Welcome to the C# Station Tutorial!");
}
}



Pada Listing1-3, Main method tidak memiliki parameter apapun - Sebagian besar karena tidak diperlukan waktu ini. Perhatikan juga Bahwa saya medeklarasikan main metode Utama diawali dengan kata kunci publik. Kata kunci publik berarti Bahwa setiap kelas di luar yang satu ini dapat Mengakses anggota class. Untuk Main, itu tidak masalah kode karena Anda tidak akan pernah memanggil Main, tetapi Ketika Anda melewati tutorial ini, Anda akan Melihat bagaimana Anda dapat membuat class dengan anggota masyarakat yang harus Sehingga mereka dapat Digunakan. Akses standar adalah private, yang berarti hanya anggota Bahwa dalam kelas yang sama dapat mengaksesnya. Kata kunci publik dan private adalah reverensi untuk pengubah akses. pelajaran 19 pengubah akses membahas secara lebih mendalam.

Ada tiga Pernyataan dalam Main yang pertama dan dua Berbeda dari yang ketiga. Mereka bukannya Console.Write (...) Console.WriteLine (...). Perbedaannya adalah Pernyataan Bahwa theConsole.Write (...) menulis ke konsol dan berhenti pada baris yang sama, tapi (...) Console.WriteLine pergi ke baris berikutnya setelah menulis ke konsol.

Pernyataan pertama hanya menulis "Siapa nama Anda?:" Ke konsol.

Pernyataan kedua tidak menulis apa-apa sampai benar argumen dievaluasi. Argumen pertama adalah setelah diformat string Console.ReadLine (). Hal ini menyebabkan program untuk menunggu masukan pengguna di konsol. Setelah jenis input pengguna, nama mereka dalam kasus ini, mereka harus tekan tombol Enter. Kembali nilai dari metode ini menggantikan "(0)" parameter string diformat dan ditulis ke konsol. Baris ini juga bisa ditulis seperti ini:

string name = Console.ReadLine();
Console.Write("Hello, {0}! ", name);

Pernyataan terakhir menulis ke konsol seperti dijelaskan sebelumnya. Setelah pelaksanaan perintah-line dengan "InteractiveWelcome", output akan menjadi sebagai berikut:

>What is your Name? [Enter Key]
>Hello, ! Welcome to the C# Station Tutorial!

Ringkasan

Sekarang Anda tahu dasar struktur program C #. Pernyataan membiarkan Anda Menggunakan namespace dan merujuk kode memungkinkan untuk memiliki lebih pendek dan lebih mudah dibaca notasi. Main Method Memulai entry point untuk program C #. Anda dapat menangkap commad-line input ketikan aplikasi dijalankan saat membaca konten dari sebuah string [] (array string) Parameter main method Anda. Interaktif I / O dapat dilakukan dengan Readline, Menulis dan WriteLine metode dari kelas Console.
Ini baru awal, yang pertama dari banyak pelajaran. Saya mengundang Anda kembali untuk Pelajaran 2: Expressions, Jenis, dan Variabel.

1 komentar:

Berikan Komentar anda atas tulisan saya.